Dicontek? Apa ya Rasanya?

Haii guyssss 😀

Siang ini sesuai janji gue, gue mau mengutarakan gejolak terpendam para clever students yang sejujurnya setelah gue survei mereka merasa cukup risih bila dicontek. 18 dari 20 orang yang gue survei mengatakan hal2 yang akan gue jelasin dibawah ini.

Menyontek (Cheat)

cheat-test-exam.jpg

Nyontek adalah sesuatu yang “katanya” sih wajar dikalangan siswa/mahasiswa. tapi setiap manusia pasti punya pandangan sendiri soal nyontek.

Setelah gue teliti, bagi mereka yang pinter&rajin.; Pengen ngomong kaya gini
34880189.jpg “You know contek-ers? Terkadang kami risih bila dicontek terus menerus.”

“gue sih mau aja ya ngasih contekan, itung2 bantu temen. Tapi kadang yang dibantu itu yang gatau diri, ya lu bayangin aja soal 40 dia nyontek 25. Itu mah kelewatan begonya….” ungkap salah satu siswa yang bersekolah elit di daerah jakarta selatan ini.

Memang para anak pinter+rajin seringkali mengeluh dicontek sama para pencontek yang emang pada dasarnya udah sableng kalo orang bilang…..

“kalo udah tau kaga bisa ya usaha lah gitu, gue mau kok ajarin. Tapi yaa mereka juga harus mastiin maunya kita gmn gmn, gue juga cape dicontek mulu. mereka emangnya mikirin kita? Kaga. Mereka egois. deketin disaat butuh, ya ulangan. dasar motherf*cker” ungkap salah satu anak yang bersekolah di daerah blok-m ini.

“setidaknya mereka usaha dulu ya, tapi mereka bilang ‘gue emang udh ngga bisa’ yaa gue pengennya lo usaha gitu woi usahaaaaaaaaaaa, emangnya gua awalnya bisa? Kaga. Ngeliat rumus aja mager tapi niat gue tinggi, akhirnya gue bisa. Yaa alhamdulillah sesuatu hahaha”

“gue sih mau aja dicontekin, tapi banyak yang ngga tau diri. Mintanya aja buru-buru. Sedangkan gue butuh dia, dia cuma bisa bilang ‘bentar kek’ setan”

“gue dikatain pelit mulu karena ngga bagi contek, alah mereka aja gatau diri. Masa gue yang disuruh mikir supaya contekan itu nyampe ke tangan dia orang mah dia yang mikir kan gimana bisa nyontek dasar bocah kampung”

“gue mending duduk paling depann! Bonyok sekalian dah, ngga bisa nyontek ataupun dicontek” ungkap salah satu siswa yang di daerah petukangan.

“gue pengen mereka sadar, semakin nyontek sama gue, semakin gue bego2in mereka. Karena apa? Mereka ngga ngerti apa yang mereka tulis. Coba kalo udah lulus, yakin bisa tuh?”

“Toefl itu mudah, kalo diartiin ke bhs indonesia juga gampang kok. Intinya kosakata kalian emg harus banyak dan ngerti verb1-3” ungkap siswa yang sekolah di daerah senayan.

“kadang gue suka bagi mereka rumus, orang mah bersyukur gitu nyari, ini gue malah dikatain tai. Apa ga setan tuh orang?”

Intinya mereka semua sebenernya baik guys, cuma kadang penconteknya aja gatau diri. Cobalah kalian mikir seberapa keras usaha mereka sampe bisa kaya gitu? Pernah ngga mikir ? Ngga kan? Nah kalian juga kalo mau nyontek itu yang wajar aja. 1-3 contekan itu wajar banget. tapi kalo diatas 3 itu bukan wajar lagi. Kalo kata mereka. Orang yang nyontek diatas 6 soal itu emang udah kesumbet otaknya.
Nah kalo kalian emang merasa ga mampu… Cobalah. Kalo gamampu juga sendiri, lo datengin anak pinter itu kaya gue yang minta ajarin kimia, gue ajak dia makan dulu sampe kenyang abis itu baru dia mau setuju ngajarin gue. Jangan gatau diri, ilmu itu mahal bro, udah minta tapi gamau beri, kan konyol namanya.

Gue harapin banget pelajar indonesia terutama. Bisa jauh dari contekan, kalo contek juga 1-5 nomer itu masih bisa dimaklumi lah. Dan kalo kalian mau nyontek, jangan nyusahin orang lain, susahin diri kalian.
Contoh: bikin contekan di kertas kecil. Jadi kalian ngga ganggu orang lain, itu juga ngelatih strategi kalian gimana caranya nyontek rumus di kertas kecil dan kalian bisa ngerjain soal itu. Jujur gue pun true storynya kadang bikin kertas kecil pas ujian kaya fisika,kimia,matematika. Tujuannya apa? Biar kalo gue lupa rumus tinggal gue pake. Dan alhasil emang gue bisa pake rumusnya.
Hasil ujian yang kalo lu murni tanpa nyontek ke temen dan dapet bagus, sumpah rasanya enak banget, lu ngerasa ngga ngeganjel hatilu dan emang lu jadi ngerti caranya gitu toh hahaha

28382757.jpg

Violaa gue nemu:)

pesan dari mereka semua anak pinter

“kita mau bagi contekan ke mereka, asal mereka sadar diri. Cobalah jangan ganggu kita disaat kita konsentrasi”

Udah liat? Okedeh mari kita ngaca dulu kita ini suka nyontek parah atau ngga.

25725700.jpg

Kenyataan kali 😀

Oke see you babaayy…..

Wassalamualaikum wr wb 😀

Posted by Wordmobi

Iklan

7 pemikiran pada “Dicontek? Apa ya Rasanya?

  1. Hai hai haiii
    Bener banget nihhh
    Emang kadang risih banget apalagi kalo lagi ulangan umum gitu
    Kan kita lagi konsen jadi buyar dipanggil-panggil
    Ngasih contek mau aja sih cuma pada ga wajar!!! Maunya enak doang -_-

    Jaman dulu om saya kalo dicontekin atau mau diajarin, yg minta diajar membayar ._.

    1. bener banget tuh 🙂 soalnya kita udah cape belajar eh yang lain tgl nanya doang hahahaha kan jadinya kecewa juga, apalagi kalo dia ternyata nilainya lebih tinggi ketimbang kita. Pasti nyesek hehehe :/

      Nah yang tau diri itu yang kaya om kamu, dia minta diajarin tapi dia bayar itu baru tau diri 🙂

      1. Iya!

        Ah itu bukan om saya yg minta diajarin tp sebaliknya dia yang ngajarin orang maksud saya… Maaf bahasanya, duh…

        Kalo minta diajarin sih kadang mau aja tergantung mood kan ya
        Tp kadang kasian aja gitu ya ama yg sering nyontek, itu otaknya ga bekerja sama sekali….

Ada komentar? tulis aja.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s